News Update :


(ini dia)Peranan Fosfor bagi Tubuh Manusia



pembaca blog kita, ini dia peranan fosfor bagi tubuh kita...
adalah untuk pembentukan tulang dan gigi, penyimpanan dan pengeluaran energi (perubahan antara ATP dengan ADP). DNA dan RNA terdiri dari fosfor dalam bentuk fosfat; demikian juga membran sel yang membantu menjaga permeabilitas sel.

Dalam bahan pangan, fosfor terdapat dalam berbagai bahan organik dan anorganik. Enzim dalam saluran pencernaan membebaskan fosfor yang anorganik dari ikatannya dengan bahan organik. Sebagian besar fosfor diserap tubuh dalam bentuk anorganik, khususnya di bagian atas duodenum yang bersifat kurang alkalis 70% yang dicerna akan diserap.

Pada umumnya jumlah fosfor yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 0,7 g per orang dewasa per hari, kira-kira sama dengan kalsium.

Sumber fosfor yang utama adalah bahan makanan dengan kadar protein tinggi seperti daging, unggas, ikan, dan telur. Biji-bijian terutama bagian lembaganya dan biji-bijian yang utuh (pecah kulit) juga banyak mengandung fosfor. Bahan pangan yang kaya protein dan kalsium biasanya juga kaya akan fosfor.


Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak di dalam tubuh, yaitu 1% dari berat badan. Kurang lebih 85% fosfor di dalam tubuh terdapat sebagai garam kalsium fosfat, yaitu bagian dari kristal hidroksiapatit di dalam tulang dan gigi yang tidak dapat larut. Hidroksipatit memberi kekuatan dan kekakuan pada tulang. Fosfor di dalam tulang berada dalam perbandingan 1:2 dengan kalsium. Fosfor selebihnya terdapat di dalam semua sel tubuh, separuhnya di dalam otot dan di dalam cairan ekstraseluler. Fosfor merupakan bagian dari asam nukleat DNA dan RNA yang terdapat dalam tiap inti sel dan sitoplasma tiap sel hidup. Sebagai fosfolipid, fosfor merupakan komponen struktural dinding sel. Sebagai fosfat organik, fosfor memegang peranan penting dalam reaksi yang berkaitan dengan penyimpanan atau pelepasan energi dalam bentuk Adenin Trifosfat (ATP).

Absorpsi dan Metabolisme Fosfor
Fosfor dapat diabsorpsi secara efisien sebagai fosfor bebas di dalam usus setelah dihidrolisis dan dilepas dari makanan. Bayi dapat menyerap 85-90% fosfor berasal dari Air Susu Ibu/ ASI. Sebanyak 65-70% fosfor berasal dari susu sapi dan 50-70% fosfor berasal dari susunan makanan normal dapat diabsorpsi oleh anak dan orang dewasa. Bila konsumsi fosfor rendah, taraf absorpsi dapat mencapai 90% dari konsumsi fosfor.

Fosfor sebagai bagian dari asam fosfat yang terutama terdapat di dalam serealia tidak dapat dihidrolisis, oleh karena itu dapat diabsorpsi. Faktor-faktor makanan lain yang menghalangi absorpsi fosfor adalah Fe++, Mg++, asam lemak tidak jenuh dan antasid yang mengandung alumunium, karena membentuk garam yang tidak larut air.

Fungsi Fosfor
Fosfor mempunyai berbagai fungsi dalam tubuh:
1. Klasifikasi tulang dan gigi. Klasifikasi tulang dan gigi diawali dengan pengendapan fosfor pada matriks tulang. Kekurangan fosfor menyebabkan peningkatan enzim fosfatase yang diperlukan untuk melepas fosfor dari jaringan tubuh ke dalam darah agar diperoleh perbandingan kalsium terhadap fosfor yang sesuai untuk pertumbuhan tulang.
2. Mengatur pengalihan energi. Melaui proses fosforilasi fosfor mengaktifkan berbagai enzim dan vitamin B dalam pengalihan energi dan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Bila satu gugus fosfat ditambahkan pada ADP (Adenin Difosfat) maka terbentuk ATP (Adenin Trifosfat) yang menyimpan energi dalam ikatannya. Bila energi diperlukan, ATP diubah kembali menjadi ADP. Energi yang mengikat fosfat pada ADP dilepas untuk keperluan berbagai reaksi di dalam tubuh.

3. Absorpsi dan transportasi zat gizi. Dalam bentuk fosfat, fosfor berperan sebagai alat angkut untuk membawa zat-zat gizi menyeberangi membran sel atau di dalam aliran darah. Proses ini dinamakan fosforilasi dan terjadi pada absorpsi di dalam saluran cerna, pelepasan zat gizi dari aliran darah ke dalam cairan interseluler dan pengalihannya ke dalam sel. Lemak yang tidak larut dalam air, diangkut di dalam darah dalam bentuk fosfolipida. Fosfolipida adalah ikatan fosfat dengan molekul lemak, sehingga lemak menjadi lebih larut. Glikogen yang dilepas dari simpanan hati atau otot berada di dalam darah terikat dengan fosfor.

Bagian dari ikatan tubuh esensial. Vitamin dan enzim tertentu hanya dapat berfungsi bila terlebih dahulu mengalami fosforilasi, contohnya enzim yang mengandung vitamin B1 tiamin pirofosfat (TPP). Fosfat merupakan bagian esensial dari DNA dan RNA, bahan pembawa kode gen/ keturunan yang terdapat di dalam inti sel dan sitoplasma semua sel hidup. DNA dan RNA dibutuhkan untuk reproduksi sel.
Pengaturan keseimbangan asam-basa. Fosfat memegang peranan penting sebagai buffer untuk mencegah perubahan tingkat keasaman cairan tubuh. Ini terjadi karena kemampuan fosfor mengikat tambahan ion hidrogen.

Angka Kecukupan Fosfor yang Dianjurkan
Kecukupan fosfor rata-rata sehari untuk Indonesia ditetapkan sebagai berikut (Widya Karya Pangan dan Gizi LIPI 1993):
Bayi : 200-250 mg
Anak-anak : 250-400 mg
Remaja dan dewasa : 400-500 mg
Ibu hamil dan menyusui : +200-+300 mg

Sumber Fosfor
Karena fosfor ada di semua sel makhluk hidup, fosfor terdapat di dalam semua makanan, terutama makanan kaya protein, seperti daging, ayam, ikan, telur, susu dan hasilnya, kacang-kacangan dan hasilnya, serta serelia.

Akibat Kelebihan Fosfor
Kelebihan fosfor karena makanan jarang terjadi. Bila kadar fosfor darah terlalu tinggi, ion fosfat akan mengikat kalsium sehingga dapat menimbulkan kejang.

Akibat Kekurangan Fosfor
Karena fosfor banyak terdapat di dalam makanan, jarang terjadi kekurangan. Kekurangan fosfor bisa terjadi bila menggunakan obat antasid untuk menetralkan asam lambung, seperti alumunium hidroksida untuk jangka lama. Alumunium hidroksida mengikat fosfor, sehingga tidak dapat diabsorpsi. Kekurangan fosfor juga bisa terjadi pada penderita yang kehilangan banyak cairan melalui urin. Kekurangan fosfor menyebabkan kerusakan tulang. Bayi prematur juga dapat menderita kekurangan fosfor, karena cepatnya pembentukan tulang sehingga kebutuhan fosfor tidak bisa dipenuhi oleh ASI.

Anda sedang membaca artikel tentang (ini dia)Peranan Fosfor bagi Tubuh Manusia dan anda bisa menemukan artikel (ini dia)Peranan Fosfor bagi Tubuh Manusia ini dengan url http://wawasanfadhitya.blogspot.com/2012/02/ini-diaperanan-fosfor-bagi-tubuh.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel (ini dia)Peranan Fosfor bagi Tubuh Manusia ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link (ini dia)Peranan Fosfor bagi Tubuh Manusia sebagai sumbernya.

Share on :
Bookmark and Share
| | 7 comments



Artikel Terkait

7 comments:

Unknown mengatakan...

qihang0525mont blanc pens
replica watches
rolex watches
chanel bags
pandora jewelry
ray ban glasses
cheap ray ban sunglasses
chanel outlet
gucci outlet online
soccer jerseys
burberry handbags
true religion outlet
kate spade
true religion jeans
ray bans
michael kors outlet online
ralph lauren uk
michael kors outlet online
michael kors handbags
true religion
kate spade bags
cheap oakley sunglasses
coach outlet online
coach factory outlet
coach outlet store online
coach factory outlet
polo ralph lauren
burberry scarf
jordan shoes
burberry outlet
michael kors handbags
tory burch shoes
toms shoes
air max 95
chanel handbags
michael kors outlet
oakley sunglasses
coach outlet store online
michael kors handbag
q

xumeiqing mengatakan...

151215meiqing
michael kors outlet
oakley sunglasses
tiffany and co
ugg boots
lebron james shoes
canada goose outlet
the north face
louis vuitton bags
fake oakleys
ray-ban sunglasses
louis vuitton outlet
michael kors outlet
kevin durant shoes
louis vuitton handbags
canada goose
ugg slippers
north face jacket
michael kors outlet online
polo ralph lauren
coach outlet online
louboutin pas cher
coach outlet
abercrombie & fitch
louis vuitton outlet
lebron james shoes 2015
ralph lauren outlet
jordans
swarovski jewelry
canada goose jackets
michael kors
oakley sunglasses
michaek kors handbags
ugg boots
cheap soccer shoes
hollister clothing
louis vuitton
michael kors outlet
p90x workouts
ugg boots clearance
air max 95

Unknown mengatakan...

coach outlet online
supra shoes sale
cheap ray ban sunglasses
michael kors handbags clearance
pandora jewelry
swarovski jewelry
gucci bags
coach factory outlet
true religion canada
michael kors handbags outlet
20170227caihuali

Huongkvb mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
cara memutihkan gigi secara alami mengatakan...

Terimakasih untuk infonya, baca juga ya http://www.ahzafanishop.com/2017/06/manfaat-kandungan-garam-bagi-kesehatan-gigi.html

Unknown mengatakan...

replica bags uk replica zara bags replica bags online

deysluez mengatakan...

link site web discover here replica bags china web https://www.dolabuy.ru/

Komentar di: (ini dia)Peranan Fosfor bagi Tubuh Manusia

Berkomentarlah dengan sopan dan pastikan komentar anda bukan spam. Komentar spam akan dihapus.

 

Page Rank Check

Technology Blogs

© Copyright 2012.Wawasanfadhitya: (ini dia)Peranan Fosfor bagi Tubuh Manusia | Template by Fandi Adhitya
All Rights Reserved | Privacy Policy