News Update :


Menabung Kalsium Dalam Tulang Untuk Cegah Osteoporosis



Pola makan, gaya hidup dan olah raga teratur, dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Penyakit ini selain dipengaruhi faktor gen juga dipengaruhi berbagai permasalahan yang dihadapi kaum wanita, seperti pengaruh hormonal yang adavdi dalam tubuh manusia. Untuk menghindari terjadinya osteoporosis kaum wanita harus senantiasa mempehatikan pola makan sehat, dan rajin berolah raga sehingga terhindar dari penyakit degeratif, terutama osteoporosis yang banyak menyerang masyarakat, khususnya kaum wanita.

Hal itu dikemukakan Dr Mulyono Sudirman, SpB,SpBO,MBA Dalam Seminar Deteksi Dini Osteoporosis yang diselenggarakan Klinik Nusantara Medical Center beberapa waktu lalu. Masalah osteoporosis di Indonesia telah mencapai tingkat yang perlu diwaspadai, yaitu mencapai 19,7 persen, dan berada di urutan ke enam terbesar setelah China. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di 14 provinsi, ditemukan lima provinsi dengan risiko osteoporosis tertinggi, yaitu Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sumatera Utara, Jawa Timur. Sedangkan risiko terendah berada di Kalimantan Timur.

MenurutMulyono, secara nasional Indonesia mengalami masalah kesehatan baru, yaitu permasalahan triple burden problem berupa berjangkitnya kembali penyakit lama (old problem) yang belum terpecahkan seperti meningkatnya kembali penyakit infeksi dan kurang gizi, penyakit lama yang muncul kembali (re-merging problem) seperti malaria, TBC dan diare serta timbulnya masalah baru (emerging problem) karena meningkatnya usia harapan hidup.


Osteoporosis merupakan salah satu penyakit degenaratif dimana 1 dari 3 wanita memiliki kecenderungan untuk menderita osteoporosis, sedangkan pada pria insidennya lebih kecil yaitu 1 dari 7 pria. Biasanya penyakit keropos tulang ini menjangkiti sebagian besar wanita pasca menopause. Namun berdasarkan penelitian, wanita usia muda, yaitu 25 tahun meningkat risiko osteoporosisnya, sebagai akibat berubahnya gaya hidup masyarakat yang kurang mementingkan aktivitas fisik.

Dibandingkan dengan masyarakat di negara Afrika, densitas tulang masyarakat Eropa dan Asia lebih rendah, sehingga mudah sekali mengalami osteoporosis.

“Yang lebih menyedihkan lagi, komponen untuk menekan kejadian osteoporosis di Indonesia semuanya tersedia di Indonesia dengan mudah dan murah, seperti memperbanyak mengkonsumsi ikan teri, tahu dan tempe, tanpa harus seperti orang eropa yang banyak mengkonsumsi keju dan susu,”Tukas Sularto. Berdasarkan penelitian pakar Gizi, asalkan masyarakat Indonesia menerapkan dengan sungguh-sungguh pola makan Gizi seimbang atau empat sehat lima sempurna, ditambah dengan aktivitas fisik seperti olah raga.

Penyebab Osteoporosis

Penyebab Osteoporosis adalah adanya gangguan pada metebolisme tulang. Pada keadaan normal, sel-sel tulang, yaitu sel pembangun (Osteoblas) dan sel pembongkar (Osteoklas) bekerja silih berganti, saling mengisi, seimbang, sehingga tulang terjadi utuh. Apabila kerja osteoklas melebihi kerja osteoblas, maka kepadatan tulang menjadi kurang dan akhirnya keropos.

Metabolisme tulang dapat terganggu oleh berbagai kondisi, yaitu berkurangnya hormon estrogen , berkurangnya asupan kalsium dan vitamin D, berkurangnya stimulasi mekanik (inaktif) pada tulang, efek samping beberapa jenis obat, minum alkohol, merokok dan sebagainya.

Osteoporosis terjadi secara diam-diam, tak bergejala dan baru disadari apabila kedapatan tinggi badan berkurang, postur tubuh bungkuk, atau tiba-tiba nyeri tulang, Nyeri tulang oleh adanya patah tulang yang sangat halus dan biasanya nyeri teratasi setelah 4-6 minggu.

Umumnya wanita usia lanjut dimulai pada masa menopause, dan pria dapat juga terserang osteoporosis sesudah berusia 70 tahun. Ada beberapa kondisi yang seseorang yang dapat terancam stroke, yaitu kekurangan asupan kalsium dan vitamin D, yang tirah baring lama, apapun sebabnya dengan imobilisasi/inaktif, dengan terapi obat, dengan pola hidup tidak sehat, dan dengan berat badan kurang.

Untuk mengetahui terjadinya osteoporosis, perlu dilakukan berbagai pemeriksaan seperti pengukuran kepadatan massa tulang dengan alat Desitometri, dan pemeriksaan laboratorium petanda biokimiawi osteoporosis.

Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis baik pada orang sehat maupun penderita stroke ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu cukupi asupan kalsium, cukup asupan vitamin D melalui pajjanan sinar matahari pagi atau sore sinar matahari akan mengubah pro vitamin D yang ada di bawah kulit menjadi vitamin D, hidup aktif dengan cara malakukan aktifitas fisik dengan prinsip pembebanan terhadap tulang, dalam bentuk perbanyak jalan.

Selain itu, hindari merokok, minum alkohol, waspada jika dalam garis keturunan ada yang menderita osteoporosis, dan lakukan pemeriksaan tes dini osteoporosis pada dokter saat menopause. Khusus untuk pasien stroke, ditambah dengan aktifitas fisik sedini mungkin pasca stroke atas paduan dokter, pertahankan aktifitas berjalan teratur setiap hari, dan kemungkinan mengkonsumsi obat bisfosfonay dapat mencegah osteoporosis pada pasien stroke.

Untuk mencegah osteoporosis harus dimulai sedini mungkin untuk mencapai massa tulang semaksimal mungkin, serta penurunan seminimal mungkin. Bahkan pencegahan osteoporosis harus dimulai sejak bayi dalam kandungan, masa kanak-kanak, remaja, sampai dewasa baik pada wanita maupun pria, melalui metode menabung kalsium dalam tulang untuk cegah Osteoporosis.

Agar diperoleh tulang yang sehat, peranan seluruh masyarakat sangat diharapkan dan dalam lingkup yang kecil yaitu keluarga, peranan orang tua dalam menentukan gaya hidup anak-anaknya disamping dirinya sendiri juga sangat menentukan.

Mengingat penderita stroke sangat rawan terhadap osteoporosis, sebaiknya unit rehabilitasi medik di beberapa rumah sakit yang menangani pasien stroke memasukkan pencegahan osteoporosis menjadi bagian integral dari program rahabilitasi pada pasien stroke.

Problem Osteoporosis

Karena penderita osteoporosis pada umumnya tidak berkeluhan dan baru diketahui setelah penderita patah tulang oleh trauma yang ringan, maka masalah yang timbul adalah biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih mahal mengobati penderita dengan mengobati patah tulang daripada mencegah timbulnya patah tulang osteoporosis, terutama pada wanita pasca menopause.

Pada saat ini wanita berusia 50 tahun mempunyai risiko 40 persen menderita patah tulang karena osteoporosis dikemudian hari. Karena itu deteksi dini dan tindakan pencegahan dini penting untuk mencegah terjadinya patah tulang akibat osteoporosis. Osteoporosis dapat diobati tetatpi keadaan tulangnya tidak bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.

Problema yang disebabkan dapat diobati, kehilangan lanjutan dan perlemahan lanjutan dari tulang dapat diperlambat. Karenanya pencegahan primer merupakan tujuan yang penting. B5/D1

Sumber :
http://kbi.gemari.or.id/beritadetail.php?id=3031

Anda sedang membaca artikel tentang Menabung Kalsium Dalam Tulang Untuk Cegah Osteoporosis dan anda bisa menemukan artikel Menabung Kalsium Dalam Tulang Untuk Cegah Osteoporosis ini dengan url http://wawasanfadhitya.blogspot.com/2012/02/menabung-kalsium-dalam-tulang-untuk.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Menabung Kalsium Dalam Tulang Untuk Cegah Osteoporosis ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Menabung Kalsium Dalam Tulang Untuk Cegah Osteoporosis sebagai sumbernya.

Share on :
Bookmark and Share
| | 7 comments



Artikel Terkait

7 comments:

Taibai Li mengatakan...

qihang0525mont blanc pens
replica watches
rolex watches
chanel bags
pandora jewelry
ray ban glasses
cheap ray ban sunglasses
chanel outlet
gucci outlet online
soccer jerseys
burberry handbags
true religion outlet
kate spade
true religion jeans
ray bans
michael kors outlet online
ralph lauren uk
michael kors outlet online
michael kors handbags
true religion
kate spade bags
cheap oakley sunglasses
coach outlet online
coach factory outlet
coach outlet store online
coach factory outlet
polo ralph lauren
burberry scarf
jordan shoes
burberry outlet
michael kors handbags
tory burch shoes
toms shoes
air max 95
chanel handbags
michael kors outlet
oakley sunglasses
coach outlet store online
michael kors handbag
q

chenlina mengatakan...

c

Gege Dai mengatakan...

cleveland cavaliers jerseys
nike air max uk
abercrombie outlet
nike trainers uk
vans outlet
new york giants jerseys
browns jerseys
supra shoes sale
cardinals jersey
tods shoes sale
lions jerseys
san antonio spurs jerseys
minnesota vikings jersey
detroit lions jerseys
atlanta falcons jersey
baltimore ravens jersey
washington redskins jersey
los angeles clippers jersey
ferragamo shoes
nike free 5
redskins jerseys
nike soccer shoes
miami heat jerseys
patriots jerseys

jacksonville jaguars jerseys
steelers jerseys
cowboys jerseys
carolina panthers jersey
abercrombie outlet
pittsburgh steelers jersey
air max 90
chicago bulls jerseys
new york knicks jersey
air jordan 11
linyuan0504

柯云 mengatakan...

2016-07-12keyun
christian louboutin sale
coach outlet canada
giuseppe zanotti outlet
celine outlet
nike store
oakley outlet
coach outlet
cheap oakley sunglasses
ray ban sunglasses uk
gucci outlet
michael kors outlet
michael kors outlet clearance
jordan retro 8
hollister clothing
adidas originals store
tory burch flats
louis vuitton purses
coach outlet
adidas superstar shoes
hollister shirts
michael kors outlet
jordan retro 4
beats by dre outlet
louis vuitton handbags
oakley outlet
nike free uk
oakley sunglasses wholesale
ralph lauren polo shirts
ray ban sunglasses outlet
michael kors outlet online
lebron james shoes 13
gucci handbags
ray bans
ray ban sunglasses wholesale
true religion outlet online
nike uk
michael kors outlet online
coach outlet
designer handbags

Unknown mengatakan...

canada goose jackets
coach outlet
louis vuitton handbags
ray ban wayfarer
futbol baratas
ugg outlet
michael kors outlet
oakley sunglasses
louis vuitton
mbt shoes
chanyuan11.19

aaa kitty20101122 mengatakan...

adidas tubular shadow
adidas tubular
lebron 14
kyrie shoes
kobe 9
longchamp sale
michael kors uk
air jordan shoes
cheap basketball shoes
cheap jordans

adidas nmd mengatakan...

christian louboutin shoes
skechers outlet
ed hardy uk
cincinnati bengals jerseys
ugg boots
minnesota vikings jerseys
fitflops
fitflops shoes
jordan shoes
air jordan uk

Komentar di: Menabung Kalsium Dalam Tulang Untuk Cegah Osteoporosis

Berkomentarlah dengan sopan dan pastikan komentar anda bukan spam. Komentar spam akan dihapus.

 

Page Rank Check

Technology Blogs