News Update :


11 Parameter Blog dan Blogger Sukses



Beberapa bulan yang lalu saya memberikan sebuah ebook gratis yang merupakan hasil wawancara bersama sejumlah blogger sukses baik dari dalam maupun luar negeri. Definisi sukses yang saat itu saya rujuk melulu hanya berdasarkan besarnya penghasilan yang mereka dapatkan.

Tapi benarkah besarnya penghasilan yang diperoleh dari aktivitas blogging adalah SATU-SATUNYA parameter sukses seorang bloggger? Bagaimana dengan banyaknya pelanggan RSS? Atau banyaknya jumlah komentar? Atau bahkan penghargaan yang diperoleh seorang blogger?

Pertanyaan-pertanyaan inilah yang kemudian membuat saya bertanya:
"Lalu apa saja sebenarnya parameter sukses sebuah blog?"

Dalam posting ini saya mencoba melengkapi beberapa parameter lain yang barangkali bisa dipergunakan sebagai ukuran sukses tidaknya sebuah blog.

11 Parameter Blog dan Blogger Sukses
1. Traffic
Banyaknya jumlah pengunjung bisa menjadi salah satu parameter kesuksesan sebuah blog. Gampangnya: semakin banyak pengunjung sebuah blog, semakin sukses blog tersebut. Traffic sendiri biasanya dibedakan lagi menjadi 2:

- Unique Visitors: pengunjung blog yang berasal dari 1 alamat IP tertentu
- Page Views: jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung blog

Dari kedua rasio ini biasanya akan lebih mudah dilihat kualitas pengunjung sebuah blog. Sebuah blog yang sukses, biasanya memiliki unique visitors dan page views yang tinggi.

2. RSS Subscribers
Selain jumlah pengunjung, jumlah RSS subscribers atau pelanggan RSS juga bisa menjadi parameter sukses sebuah blog. Sama halnya pula dengan traffic: semakin banyak jumlah pelanggan RSS sebuah blog, semakin sukses blog tersebut. Meskipun belum cukup banyak dimanfaatkan oleh blogger Indonesia, namun saat ini semakin banyak blog Indonesia yang memasang chicklet feed counter dari FeedBurner. Artinya, semakin banyak blogger Indonesia yang memahami fungsi RSS dan menerimanya sebagai salah satu ukuran kesuksesan sebuah blog.


3. Komentar
Parameter lain yang bisa menjadi ukuran sukses sebuah blog adalah jumlah komentar. Rumusnya pun sama: semakin banyak komentar di sebuah blog, semakin sukses blog tersebut. Selain jumlah komentar, kualitas komentar juga biasanya dijadikan ukuran kesuksesan sebuah blog. Pasalnya, seringkali dijumpai blog dengan komentar-komentar spamming ataupun sekedar ingin mendapatkan backlink. Dengan memberikan kriteria kualitas komentar, maka kualitas kesuksesan sebuah blog pun akan semakin tinggi.

4. SERP
SERP atau search engine result pages atau ranking hasil pencarian di mesin pencari juga seringkali menjadi parameter kesuksesan sebuah blog. Semakin tinggi ranking sebuah blog di halaman hasil pencarian mesin pencari (misalnya di posisi 1 halaman pertama), maka semakin sukses blog tersebut.

5. Link Back
Meskipun tidak terlalu menonjol, banyaknya link back yang mengarah ke sebuah blog juga bisa dipergunakan sebagai salah satu parameter sukses tidaknya sebuah blog. Blog dengan link back ratusan atau bahkan ribuan bisa dianggap sukses dibandingkan dengan blog yang hanya memiliki puluhan link back. Selain bisa mengalirkan pengunjung, jumlah link back yang besar juga diyakini dapat meningkatkan posisi hasil pencarian di mesin pencari.

6. Blog Ranking
Parameter berikutnya yang sering dirujuk untuk mengukur sukses tidaknya sebuah blog adalah "Blog Ranking" semacam Technorati dan Alexa Rank. Technorati memiliki daftar "Top 100 Blog" yang sangat disegani dimana blogger-blogger yang masuk daftar ini seringkali disebut sebagai blogger A-List. Alexa Rank adalah sistem ranking berdasarkan traffic dimana semakin rendah Alexa Rank sebuah blog, maka semakin tinggi traffic blog tersebut.

7. Penghargaan
Saat ini semakin banyak kontes blog yang memberikan penghargaan untuk blog dan blogger yang dianggap memenuhi kriteria tertentu berdasarkan kategori tertentu. Beberapa penghargaan bisa dianggap mewakili kualitas blog dan blogger yang menjadi pemenangnya.

8. Ketenaran
Salah satu parameter kesuksesan sebuah blog adalah ketenaran yang diperoleh blog atau blogger bersangkutan. Ketenaran ini bisa berasal dari profil unik yang hanya dimiliki oleh sang blogger, buzz words yang diciptakannya melalui blognya ataupun hasil dari prestasi tertentu yang diperoleh sang blogger. Berdasarkan parameter ini, sebuah blog yang terkenal, meskipun tidak memiliki seorangpun pelanggan RSS, tetap bisa dikatakan sukses.

9. Google PR
Google Page Rank adalah sistem ranking yang dibuat oleh Google untuk merujuk pada popularitas sebuah blog atau halaman blog. Dalam skala 1-10, semakin tinggi angka Google PR (misalnya PR 8), maka semakin tinggi pula ranking PR sebuah blog. Meskipun banyak blogger yang tidak terlalu peduli dengan nilai PR, harus diakui bahwa Google PR yang tinggi merupakan ukuran kesuksesan sebuah blog.

10. Twitter Followers
Salah satu parameter terbaru yang bisa digunakan untuk mengukur kesuksesan sebuah blog adalah jumlah Twitter followers. Rumusnya sama dengan RSS subscribers: semakin banyak jumlah Twitter followers sebuah blog, maka semakin sukses blog tersebut.

11. Uang
Parameter terakhir yang bisa digunakan untuk menilai sukses tidaknya sebuah blog (dan blogger) adalah uang yang diperolehnya dari aktivitas blogging. Rumusnya: semakin banyak uang yang dihasilkan sebuah blog (dan blogger), semakin sukses blog tersebut. Meskipun banyak blogger yang memandang bahwa uang bukanlah tujuan utama aktivitas blogging, namun harus diterima juga pandangan bahwa menghasilkan uang melalui blog bukanlah sesuatu yang salah (apalagi haram). Jika dilakukan dengan cara yang benar dan etis, menghasilkan uang melalui blog bahkan bisa menjadi peluang bisnis yang prospektif, absah dan legal.

------------------------------------

Ke-11 parameter blog dan blogger sukses diatas tentu bisa sangat relatif dan boleh disikapi secara berbeda-beda oleh setiap blogger. Malah, siapa tahu ada parameter lain yang belum saya masukkan ke dalam ke-11 parameter diatas.

Bagaimana menurut Anda? Bagaimana Anda mengukur kesuksesan blog Anda sendiri?

Semoga bermanfaat. :)




sumber:http://www.blogguebo.com/2008/11/11-parameter-blog-dan-blogger-sukses.html

Anda sedang membaca artikel tentang 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses dan anda bisa menemukan artikel 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses ini dengan url http://wawasanfadhitya.blogspot.com/2012/01/11-parameter-blog-dan-blogger-sukses.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses sebagai sumbernya.

Share on :
Bookmark and Share
| | 3 comments



Artikel Terkait

 

Page Rank Check

Technology Blogs

© Copyright 2012.Wawasanfadhitya: 11 Parameter Blog dan Blogger Sukses | Template by Fandi Adhitya
All Rights Reserved | Privacy Policy