News Update :


Ras Manusia di Indonesia



Ras Manusia di IndonesiaJenis-jenis Ras Manusia yang ada di Indonesia

Dilihat dari segi ras dan persebarannya, manusia dibedakan menjadi ras Mongoloid, ras Negroid, ras Kaukasoid, ras Australoid, dan ras-ras khusus seperti ras Bushman, ras Weddoid, ras Polinesian serta ras Ainu. Berdasarkan dari ras-ras tersebut, orang Indonesia dapat dibagi menjadi empat golongan sebagai berikut:










a. Golongan Papua Melanesoid
Ciri-ciri golongan Papua Melanesoid adalah rambut keriting, bibir tebal, dan kulit hitam. Kelompok manusia yang termasuk golongan ini adalah penduduk Pulau Papua, Kai, dan Aru.
b. Golongan Negroid
Golongan Negroid mempunyai sifat seperti orang negro, tetapi mereka bukan keturunan negro. Dengan ciri-ciri rambut keriting, perawakan kecil, dan kulit hitam. Persebarannya di Semenanjung Malaka dan orang Mikroskopi di Pulau Andaman.
c. Golongan Weddoid
Golongan Weddoid berasal dari Srilanka dengan ciri-cirinya adalah perawakan, kulit sawo matang, dan rambut berombak. Persebarannya adalah orang Sakai di Siak, orang Kubu di Jambi, orang Enggano (Bengkulu), Mentawai, Toala Tokea, dan Tomuna di Kepulauan Muna.
d. Golongan Melayu Mongoloid
Golongan Melayu  Mongoloid adalah golongan terbesar yang ditemukan di Indonesia dan dianggap sebagai nenek moyang bangsa Indonesia. Ciri-cirinya adalah rambut ikal atau lurus dan muka bulat. Golongan ini dibagi atas: Golongan Melayu Tua (Proto Melayu) seperti Suku Batak, Toraja, dan Dayak. Golongan Melayu Muda (Deutro Melayu) seperti Jawa, Bali dan Banjar.


sumber:http://herydotus.wordpress.com/2012/03/01/ras-manusia-di-indonesia/

Anda sedang membaca artikel tentang Ras Manusia di Indonesia dan anda bisa menemukan artikel Ras Manusia di Indonesia ini dengan url http://wawasanfadhitya.blogspot.com/2012/06/ras-manusia-di-indonesia.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Ras Manusia di Indonesia ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Ras Manusia di Indonesia sebagai sumbernya.

Share on :
Bookmark and Share
| | 2 comments



Artikel Terkait

2 comments:

Misbahudin mengatakan...

waaww...nice share sob,tp mlopun berbeda" ras tetap satu jua"bhinneka tunggal ika" :)

Fandi Adhitya mengatakan...

sip gan

Komentar di: Ras Manusia di Indonesia

Berkomentarlah dengan sopan dan pastikan komentar anda bukan spam. Komentar spam akan dihapus.

 

Page Rank Check

Technology Blogs

© Copyright 2012.Wawasanfadhitya: Ras Manusia di Indonesia | Template by Fandi Adhitya
All Rights Reserved | Privacy Policy