News Update :


Cara Menurunkan Gula Darah



Cara Menurunkan Gula Darah
Banyak cara untuk menurunkan gula darah supaya dalam rentang yang normal. Cara yang dipilih harus disesuaikan dengan gaya hidup, kemampuan, keinginan dan kesehatan masing-masing individu. Nah kali ini saya akan membahas tentang Cara Menurunkan Gula Darah. (atau baca juga tentang: )






Beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya :


1. Penurunan gula darah sebelum tidur jika tingkat gula darahnya lebih dari 130 mg/dL atau 7 mmol/L

Ini adalah salah satu metode yang paling diabaikan tetapi sangat efektif. Banyak penderita diabetes yang memiliki jumlah gula darah puasa yang tinggi karena mereka pergi tidur dengan angka tinggi. Masalahnya adalah dimulai dengan snack atau dengan makan malam. Oleh karena itu, periksa snack atau makanan kita sebelum tidur untuk menurunkan tingkat gula darah.


2. Tambahkan cemilan kecil

Cemilan kecil diperlukan jika kita tidak makan malam. Sejumlah kecil karbohidrat diperlukan untuk menjaga detak jantung, aliran darah di tubuh dan metabolism tubuh tetap bekerja selama kita sedang tidur. Cara ini tidak dapat digunakan oleh semua orang, sebagian orang mempunyai tingkat gula darah yang tinggi di pagi hari dan sebagian lain mempunyai tingkat yang lebih rendah.

3. Cobalah cemilan yang lebih kecil
Jika kita biasa memiliki cemilan sebelum tidur, pertimbangkan untuk mengurangi porsinya menjadi lebih kecil. Beberapa orang memiliki cemilan dalam porsi yang besar sehingga akan dengan mudah meningkatkan tingkat gula darahnya. Periksa jumlah karbohidrat yang kita makan pada malam hari untuk menurunkan tingkat gula darah.

4. Makan snack yang lebih sehat sebelum tidur
Snack yang sehat mempunyia kandungan yang rendah lemak, kandungan serat yang tinggi atau mempunyai indeks glisemik yang lebih rendah. Snack yang sehat juga dapat digantikan dengan buah-buahan atau sayuran. Snack yang sehat dapat menurunkan tingkat gula darah dan juga dapat menurunkan berat badan kita.

5. Ukuran snack yang konsisten
Jika setiap pagi kita memeriksa tingkat gula darah yang bervariasi dari hari ke hari, cobalah untuk memeriksa ukuran cemilan kita sebelum tidur ? Apakah ukurannya sama setiap malam ? Ukuran snack yang sama dan konsisten akan membantu kita untuk menurunkan tingkat gula darah di pagi hari.

6. Tambahkan aktivitas atau latihan di malam hari
Berjalan di malam hari atau melakukan aktivitas lainnya akan membantu untuk menurunkan tingkat gula darah. Aktivitas yang dilakukan tidak perlu sampai berkeringat, cukup berjalan selama 10 menit kita akan mendapatkan penurunan tingkat gula darah.

7. Ingatlah minum obat diabetes secara konsisten
Jika kita lupa untuk minum obat diabetes pada malam atau sebelum tidur, maka akan meningkatkan tingkat gula darah pada pagi harinya. Ingatlah untuk minum obat secara rutin sesuai dengan aturan makan tingkat gula darah kita akan menurun.

8. Pastikan kebenaran hasil pengecekan gula darah
Pemeriksaan gula darah setelah makan harus dilakukan minimal 3 jam dari saat terakhir kita makan. Hal ini dilakukan untuk melihat efektivitas hasil pengukuran tingkat gula darah. Hasil ini dapat digunakan untuk melihat tingkat gula darah kita dibandingkan dengan tingkat gula darah yang normal.

9. Pastikan tingkat gula darah kita tidak rendah pada malam hari
Beberapa orang terutama diabetes karena insulin, akan mempunyai tingkat gula darah yang sangat rendah dibandingkan dengan normal. Beberapa orang akan terbangun dan panik dengan tingkat gula darah yang rendah. Ini dinamakan efek Somogyi. Jika ini terjadi, kita harus memeriksa tingkat gula darah pada jam 02.00 atau 03.00. Diskusikan dengan dokter jika hal ini terjadi karena efek obat diabetes yang kita minum. Ingatlah : penanganan jika tingkat gula darah kita rendah adalah dengan asupan karbohidrat yang cepat dimetabolisme.

10. Kualitas tidur yang lebih baik
Pada penderita diabetes, tidur malam yang nyenyak sangat jarang diperoleh. Hal ini berkaitan dengan tingginya gula darah yang dapat menyebabkan masalah-masalah pada tidur yaitu apnes, stress, depresi dan rasa sakit pada syaraf kaki. Dengan menurunkan tingkat gula darah pada rentang normal akan meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

11. Kurangi stress pada malam hari
Stress akan menyebabkan hati kita memproduksi gula dalam jumlah yang lebih tinggi sehingga tingkat gula darahpun akan meningkat. Penelitian Interheart menyebutkan bahwa stress merupakan 1 dari 9 faktor penyebab 90% terjadinya serangan jantung di seluruh dunia. Dengan mengurangi stress pada malam hari maka akan menurunkan tingkat gula darah pada pagi harinya.

12. Sarapan sepagi mungkin
Beberapa orang melakukan pemeriksaan gula darah pada jam 07.00 dan diperoleh hasil pada rentang normal, kemudian berangkat kerja tanpa sarapan atau makanan ringan. Pada jam 09.00, dilakukan pemeriksaan gula darah kembali dan hasilnya tingkat gula darahnya di atas rentang normal. Jika hal ini terjadi maka kita akan menyalahkan metabolisme yang dilakukan oleh hati. Jika kita perhatikan bahwa hasil pemeriksaan pada jam 07.00 berada dalam rentang normal maka tingkat gula darah pada malam harinya juga dalam rentang normal. Masalahnya berada pada rentang jam 07.00-09.00, untuk membuat hasil pemeriksaan pada jam 09.00 tetap berada pada rentang normal, kita perlu sejumlah kecil karbohidrat pada sarapan yang lebih awal. Hal lain yang perlu dipertimbangkan juga adalah dosis atau waktu atau jenis pengobatan yang dilakukan.

13. Pertimbangkan terapi pompa insulin
Jika kita memperoleh pengobatan suntikan insulin setiap hari atau asupan insulin pada makanan, terapi pompa insulin dapat dipertimbangkan untuk dilakukan. Hal ini dapat digunakan untuk mengontrol gula darah terutama pada malam hari sehingga tingkat gula darah kita akan berada dalam rentang normal.

14. Diskusikan penyesuaian obat dengan dokter
Jika semua cara telah kita lakukan tidak memberikan hasil gula darah pada rentang normal maka kita harus bertemu dengan dokter untuk menyesuaikan pengobatan yang telah dilakukan.

Oleh : Rini Irawati, S.Si., Apt.

 Nah sekian dulu ya artikel tentang Cara Menurunkan Gula Darah, semoga artikel tentang Cara Menurunkan Gula Darah bermanfat bagi anda. wawasanfadhitya

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Menurunkan Gula Darah dan anda bisa menemukan artikel Cara Menurunkan Gula Darah ini dengan url http://wawasanfadhitya.blogspot.com/2012/11/cara-menurunkan-gula-darah.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Menurunkan Gula Darah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Menurunkan Gula Darah sebagai sumbernya.

Share on :
Bookmark and Share
| | 4 comments



Artikel Terkait

4 comments:

Nakusan mengatakan...

saya bookmark dl sob. nanti saya ksh tau orang rmh biar baca cara menurunkan gula darah.

makasih sob dah berbagi...

Fandi Adhitya mengatakan...

iya sama2 bro

Macros Satu mengatakan...

Assalamualaikum ... Hallo gan, salam kenal ! Ane dari De Nature Indonesia minta izin buat promo sekalian titip link ya gan, Mohon komentar ane jangan dihapus ... :)

Obat Raja Singa Herbal Ampuh
Cara Mengobati Raja Singa Tanpa Ke Dokter
Obat Sipilis Herbal Tanpa Efek Samping
Cara Mengobati Sipilis
Obat Sipilis Stadium 1
Cara Mengobati Sipilis Stadium 4
Obat Sipilis Berdarah Ampuh
Obat Sipilis Di Apotik
Jual Obat Sipilis Herbal De Nature
Obat Sakit Saat Kencing
Obat Sipilis Berdarah Herbal
Cara Mengobati Sipilis Sampai Tuntas
Obat Sipilis Raja Singa Herbal
Obat Penyakit Kencing Sakit
Obat Herbal Sipilis
Obat Tradisional Kencing Sakit
Obat Kencing Sakit Ampuh
Obat Herbal Raja Singa
Obat Kencing Sakit Tanpa Ke Dokter
Obat Sipilis Kencing Sakit

Pengobatan Sipilis mengatakan...

Obat Raja Singa Resep Dokter ? Segera Hubungi Kami Dan Pesan Obatnya Sekarang Juga di Fast Respond : 087705015423 PIN : 207C6F18.

Komentar di: Cara Menurunkan Gula Darah

Berkomentarlah dengan sopan dan pastikan komentar anda bukan spam. Komentar spam akan dihapus.

 

Page Rank Check

Technology Blogs

© Copyright 2012.Wawasanfadhitya: Cara Menurunkan Gula Darah | Template by Fandi Adhitya
All Rights Reserved | Privacy Policy