News Update :


Mengurai Benang Merah Pahlawan Devisa(TKI)



Indonesia merupakan salah satu negara terbesar menge­kspor tenanga kerja ke luar negeri. Setiap tahunnya ada sekitar 400.000 orang yang dikirim keluar negeri. Malahan pada tahun 2009 pemerintah pernah mentargetkan untuk mengirim Tenaga Kerja Indo­nesia (TKI) keluar negeri lebih dari 1 juta orang. Hal ini dilakukan pemerintah tentu cukup beralasan, mengingat besarnya devisa yang di­sum­bang­kan oleh TKI untuk Indo­nesia. Ada 39 triliyun Rupiah pertahunnya yang di sum­bangkan oleh TKI untuk de­visa Indonesia, oleh sebab itu tidak heran TKI menjadi pen­yumbang devisa terbesar setelah migas, sehingga ia layak di juluki sebagai pahlawan devisa.

Sebelum terjadinya mo­ratorium, TKI yang tersebar di berbagai negara sudah mencapai 6 juta jiwa. Paling terbanyak berada di Malaysia dan Timur Tengah. Di Negara tetangga Malaysia, selain TKI banyak didatangi oleh TKI resmi, ternyata juga banyak berkerumun TKI yang tidak memiliki domkomen resmi. Berdasarkan data yang di­publikasi KBRI Kuala Lum­pur lebih 1 juta TKI tanpa dokumen resmi berada di negara tetangga ini.


Hal ini cukup beralasan, mengingat jarak Indonesia dengan Malaysia yang begitu dekat dan sangat mudah ter­jadinya perlintasan bagi pencari kerja. Di samping itu, juga sangat dipengaruhi oleh banya­knya warga Malaysia yang berasal dari keturunan orang Indonesia, seperti dari Jawa, Minang, Bugis dan seterusnya. Malahan diantaranya telah membuat perkampungan ter­sendiri, seperti perkampungan Bugis, Jawa, Minang atau nama-nama daerah yang sangat identik dengan kampung-kampung yang ada di Indo­nesia. Dengan demikian pencari pekerja dari Indonesia sangat mudah mencari tempat per­lindungan pertama di negara jiran ini, mereka cukup pergi ke perkampungan-perkam­pungan yang dimana ber­kumpulnya komunitas yang berasal dari daerah asal.

Hal itu di antaranya yang membuat mudah pekerja-pekerja Indonesia ke Malaysia, ke­mudahan dan kondisi per­se­kampungan ini pula salah satu faktor pendorong seseorang untuk bekerja tanpa dokumen yang syah. Berbekal adanya izin satu bulan untuk berkelana atau yang lebih dikenal visa me­lancong yang ada di paspor berada di negara jiran ini, mereka man­faatkan untuk bekerja. Karena di negara tetangga itu tersedianya la­pangan kerja dan gaji yang memadai

Mereka-mereka yang me­manfaatkan visa melancong ini untuk bekerja, sering me­lakukan kegiatan kerja kucing-kucingan dengan petugas setempat, takut tertangkap basah karena menyalhgunakan izin tinggal yang diberikan. Mereka harus berkompromi dengan yang memperkejakan.

Selama mereka tidak di­ketahui dan tidak tertangkap oleh pihak berwajib setempat, mereka tetap saja melakukan pekerjaan. Akhirnya terjadilah yang dinamakan dengan pe­kerja ulang alik antar negara. Artinya, untuk menghindari pelanggaran dokumen di pas­por yang tercantum mendapat izin satu bulan berkelana di negara tetangga tersebut, maka satu hari sebelum izin itu habis mereka keluar dari negara itu atau pulang kampung. Setelah beberapa waktu lagi, kembali ke negara jiran tersebut. Selagi mereka aman hal serupa ini akan terus dilakukan.

Calo-calo Bertebaran

Selanjutnya, mengapa pe­kerja Indonesia berani be­kerja di negara tetangga tersebut tanpa dokumen, selain adanya fantor di atas ternyata juga dipengaruhi oleh adalah faktor penipuan dan faktor takut berurusan dengan birokrasi. Penipuan misalnya, sering terjadi semenjak para calon TKI direkrut di kampung halaman.

Calo-calo yang bebas ber­keliaran mencari calon TKI ke kampung-kampung ternyata telah membuat derita panjang banyak calon TKI, terutama mereka terjebak dalam pe­nipuan-penipuan dalam ber­bagai hal, mulai dari ke­tidak­resmian dan ketidaklengkapan dokumen sampai pada pe­nipuan-penipuan pekerjaan yang dijanjikan. Akhirnya mereka terjebak dalam kasus penjualan orang.

Pada satu peristiwa di ujung tahun 2007, saya me­nemukan sebuah pengiriman TKI oleh calo-calo ini melalu pelabuhan Dumai ke Pe­la­buhan Klang di Malaysia dengan feri. Sangat unik dan sangat ganjil sekali kelihatannya. TKI-TKI yang dikirimkan oleh calo ini, kemudian ditunggu kedatangannya oleh para cukong yang berada di Malaysia. Setelah kapal menyandar ke pelabuhan, cukong-cukong masuk ke dalam feri, me­manggil nama-nama yang dikirim oleh calo dari Indo­nesia. Dari segi bahasa ke­denagaran cukong-cukong itu ada di antaranya yang fasih berbahasa Jawa dan Indonesia.

Di atas feri sebelum turun, mereka ditunjuk ajari oleh cukong, cara menawab per­tanyaan yang bakal diajukan oleh petugas Imigrasi. Ma­lahan, untuk mengantsipasi pertanyaan ada bawa uang atau tidak dari pihak Imigrasi, para cukong juga meminjam uang untuk dipegang oleh TKI guna kelancaran proses pemeriksaan. Setelah turun feri TKI-TKI yang dikirim ini berbaris beraturan sesama TKI menunggu pe­meriksaan imigrasi.

Awal dari pemberangkatan yang “kongkalingkong” dari TKI yang dilakukan oleh pihak calo dan cokong ini yang memperpanjang masalah pen­deritaan TKI di negara orang. Mereka berangkat tidak dengan dokumen yang sah. Akibatnya, para TKI memiliki daya tawar yang sangat lemah dan rentan menjadi pihak yang “di­per­mainkan” atau dijadikan sasaran segala penipuan tereksploitasi.

Di antaranya mereka bisa terjebak bekerja dengan majikan yang “keparat”. Majikan yang pura-pura manaruh belas ka­sihan, memperkejakan TKI yang tidak berdokumen ter­sebut dengan berabagai macam cara yang untung tetap majikan, TKI tetap saja pihak yang teraniaya. Misalnya, jika ma­jikan tidak mampu membayar gaji, para majikan cukup mengancam melaporkan me­reka ke pihak berwajib, se­hingga majikan babas dari pem­bayaran gaji. Ancaman-an­caman seperti itu sering kali terjadi.

Di samping itu, mereka yang tidak berangkat dengan do­kumen yang sah juga sering tinggal ditempat-tempat yang tidak layak, tinggal dibedeng-bedeng yang sangat prihatin. Tinggal di hutan-hutan, setelah selesai bejerka. Tujuannya adalah supaya mereka ter­sembunyi dan tidak tercium oleh pihak ber­wenang. Kondisi tempat tinggal yang tidak layak seperti itu, salah satu faktor juga banyaknya TKI me­nga­lami permasalahan ke­sehatan. Mungkin kita masih ingat, berita dari berbagai media yang melaporkan tentang TKI di Arab Saudi yang tinggal di bawah kolong jembatan ber­bulan-bulan. Kalau di Malaysia, mungkin kita dapat me­ne­mukan TKI yang tidur dihutan dan dirumah-rumah yang tak layak huni.

Masalah TKI-PRT

Masalah TKI yang paling rumit lagi adalah dialami oleh Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), se­dangkan  Indonesia merupakan negara terbesar pengirim TKW untuk menjadi PRT ini. PRT, merupakan pekerja yang sangat rentan dengan permasalahan, karena mereka bekerja di dalam rumah, tertutup dan tidak banyak diketahui oleh masa­yarakat sekitar. Akibatnya, ketika mereka mengalami permasalahan de­ngan maji­kannya tidak ada yang menge­tahui.  Ketika mereka teraniya, sulit untuk diketahui oleh orang lain, kecuali lari keluar dari rumah majikan dengan berbagai resiko.

TKW-TKW yang menjadi PRT dengan keterkungkungan itu, tidak heran mereka menjadi korban perkosaan dari majikan, korban penganiayaan, korban psikis malahan korban pem­bunuhan. Hal ini diakibatkan oleh kondisi kerja mereka yang terkurung dalam rumah dan tidak bergaul dengan masya­rakat sekitar.

Kemudian, kerumitan lain yang dialami oleh TKW-PRT adalah ketidak jelasan jam kerja untuk mereka. PRT tidak memiliki waktu kerja yang jelas, sehingga mereka terkeploitasi dalam bekerja. Majikan “nakal” memperlakukan mereka de­ngan sesuka hati tanpa mem­pertim­bangkan jam pekerjaan mereka.

Dari beberapa kasus di lapangan, ditemukan PRT ada yang hanya memiliki jam isti­rahat dua sampai empat jam dalam 24 jam. Pekerjaan me­reka tidak jelas, tidak hanya bekerja sebagai pekerjaan rumah tangga, malah sampai mencuci mobil dan me­man­dikan anjing, tergantung ma­jikan.

Di samping itu, mereka tidak memiliki daya tawar yang kuat karena paspor dan do­kumen-dokumen mereka di­tahan oleh majikan atau agen yang memberangkatkannya. Faktor ini yang menyebabkan para TKW-PRT ini betahan dalam kondisi tereksploitasi. Mereka tidak memiliki pilihan, kecuali bertahan bersama dengan majikan.

Kemudian persoalan gaji yang mereka terima juga sangat tidak jelas dan sangat tidak seimbang dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Hal ini dikarenakan oleh, gaji bukan dibayarkan langsung oleh majikan pada mereka tetapi melalui agen yang mem­berang­katkan. Agen bisa men­dapat­kan keuntungan lebih banyak daripada mereka yang bekerja yang tidak mengenal lelah ini. Inilah fenomena bagi TKW yang diberangkatkan oleh agen, mereka tetap tereksploitasi.

Eksploitasi ini menjadi permasalahan yang dominan dihadapi oleh TKI terutama di negara jiran Malaysia. Para agent tidak memiliki ketentuan dalam masalah pemotongan gaji mereka. Agen bisa saja berdalih dengan berbagai alasan, seperti dalih uang pengganti pem­berangkatan, administasi dan sebagainya, sehingga gaji yang diterima oleh pekerja sedikit dan tidak be­rimbang dengan tenaga yang diberikannya.

Penanganan masalah TKI semestinya dimulai dari pe­nertiban agen-agen yang nakal ini. Agen-agen yang bermain dibalik penderitaan TKI itu tentu memperpanjang tingkat eksploitasi yang dihadapi oleh TKI. Di samping itu, pe­merintah juga harus me­ndu­dukan masalah jam kerja bagi TKW yang bekerja disektor informal ini, kalau tidak me­reka akan menjadi “babu” yang sangat menderita secara batin dan lahiriah, akhirnya ber­dampak pada psikis.

Yang sangat penting lagi adalah adanya kerjasama pe­merintah dengan negara pe­nempatan TKI tentang per­lindungan TKI itu sendiri. Philipina lebih unggul dari Indonesia masalah jalinan kerjasama dengan negara pe­nempatan pekerja ini. Indonesia mulai menata secara intens masalah TKI ini baru dimulai dua tahun belakang ini, karena banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh TKI mulai dari proses pemberangkatan sampai di negara tujuan bahkan ketika pulang ke negeri sendiri pun masih dieksploitasi oleh orang sebangsa dengannya. Di sam­ping banyaknya TKI pulang tanpa nyawa dan terperangkap kasus hukum gantung.

Fenomena TKI Urang Awak di Malaysia

Selama lima tahun saya mengamati masalah TKI di Malaysia, paling menarik adalah TKI yang berlebel urang awak. Urang awak lebih banya laki-laki menjadi TKI, TKI “ulang alik” TKI yang tidak menetap, atau merantau se­bentar . Mereka mem­per­gu­nakan izin menetap satu bulan yang ada di paspor. Mereka pergi manggaleh di negara jiran tersebut.

Sasaran mereka adalah, berdagang di pasar-pasar ma­lam. Pasar-pasar malam pada umumnya sebagai sentra ak­tivitas ekonomi urang awak. Di mana ada pasar malam di situ urang awak tumbuh dan menjamur, galeh mereka ber­macam-macam, termasuk galeh yang dibawanya dari kampung halaman. Bahkan orang awak, juga terkenal dengan agen penjual durian, karena pada saat musim dirian datang urang awaklah ahlinya memasarkan durian itu.

Sangat mudah mengenal urang awak ini, tidak hanya dari segi face tetapi juga dari bahasa. Di pasar malam tidak perlu berbahasa Melayu, cukup dengan bahasa Minang. Mereka akan langsung bertanya: Dima kampuang?

TKI-TKI urang awak yang ulang alik ini, jelas mereka bekerja sama dengan sanak saudara yang sudah duluan di Malaysia bahkan sudah menjadi warga negara jiran ini. Mereka sangat menguasai betul, masalah suasana di pasar, sangat pintar membaca situasi, sehingga ia tidak terjebak ke tangan pihak yang berwajib.

TKI-TKI urang awak tidak begitu tertarik dengan tawaran-tawaran yang diiklan oleh agen-agen TKI, mereka lebih me­milih jalan sendiri-sendiri, sehingga mereka terhindar dari bayaran-bayaran yang di­ber­lakukan oleh agen. Begitu juga dengan perempuan, mereka lebih suka berangkat tanpa melalui agen tetapi melalui pertolongan sanak saudara.

Perempuan biasanya lebih banyak bekerja sebagai tenaga pembersih di tempat-tempat umum atau bekerja di restoran-restoran urang awak. Di­temukan beberapa restoran urang awak, sekaligus namanya juga sangat ke-Minang-an, seperti restoran Singgalang, Kapau dan sebagainya pe­kerjanya pada umumnya adalah urang awak yang dibawa dari kampung halaman.

Ada beberapa keunikan dari urang awak yang mengadu untung ke Malaysia ini, te­rutama bagi laki-laki yang merantau ulang laik, mereka tidak mau bekerja dengan majikan. Di sinilah keuntungan adanya pasar malam di Ma­laysia bagi mereka, mereke menentukan usahanya sendiri. Menfaatkan kelihaian tradisi berdagang kaki lima di pasar-pasar malam itu. Ke­unikan lain adalah, urang awak lebih suka menjadi “bos” terhadap dirinya sendiri, ke­timbang menjadi pekerja yang ditentukan oleh orang lain. Di sinilah pe­ntingnya pasar malam dengan tradisi kaki lima itu bagi perantau atau TKI urang awak ini. Mereka manggaleh dari pasar malam yang satu ke pasar malam yang lainnya.

Urang awak juga terkenal di pasar malam sebagai penjual makanan-makanan masakan khas padang, seperti menjual nasi padang, sate padang, martabak atau apam balik dan seterusnya. Pasar malam di Malaysia, seperti terasa seperti balai-balai setiap pekan yang ada di negeri kita ini, hanya saja beroperasinya pada malam hari.

Biasanya bagi mereka yang jadi TKI ulang alik ini, setelah habis jatah tinggal satu bulan seperti yang tercap di pas­pornya, mereka pulang kam­pung atau keluar dari Malaysia dengan membawa hasil pen­cariannya. Dalam waktu ter­tentu lagi, mereka kembali ke Malaysia. Begitulah seterusnya, mereka sudah tahu betul cara keluar-masuk Malaysia.
sumber: http://www.harianhaluan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=10580:mengurai-benang-merah-pahlawan-devisa&catid=11:opini&Itemid=83

Anda sedang membaca artikel tentang Mengurai Benang Merah Pahlawan Devisa(TKI) dan anda bisa menemukan artikel Mengurai Benang Merah Pahlawan Devisa(TKI) ini dengan url http://wawasanfadhitya.blogspot.com/2011/12/mengurai-benang-merah-pahlawan-devisa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengurai Benang Merah Pahlawan Devisa(TKI) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengurai Benang Merah Pahlawan Devisa(TKI) sebagai sumbernya.

Share on :
Bookmark and Share
| | 10 comments



Artikel Terkait

10 comments:

Master Prediksi Togel mengatakan...

__________________________________________________
KI BARONG DUKUN TOGEL JITU YANG MEMBERIKAN JAMINAN KEMENANGAN
SILAHKAN TELPON KI BARON DI NOMOR 0852 8742 5759

>>>ATAU KLIK DI SINI UNTUK BERKUNJUNG DI WEB BELIAU<<<

Tidak usah ragu dengan angka beliau sebab saya sendiri sudah
membuktikan dengan mata kepala saya sendiri kekuatan angka KI BARONG
dan Saya sangat bersyukur berkat kemenangan TOGEL SGP ini
hutang piutang saya uda pada lunas dan usaha jualan gado2 saya
kini bisa di lanjutkan lagi Semua ini berkat KI BARONG....

Hanya melalui Postingan ini saya bisa Membalas kebaikan KI BARONG
Atas bantua yang kami dapat,Jadi buat Saudara Pecinta TOGEL
Tidak usah takut akan dirugikan sebab KI BARONG Hanya menginginkan PERSAUDARAAN
bukan PERMUSUHAN,
SILAHKAN DI TELPON KI BARONG SEKARANG SEBAB KESEMPATAN TIDAK MUNGKIN
DATANG DUA KALI....



____________________________________________________
KI BARONG DUKUN TOGEL JITU YANG MEMBERIKAN JAMINAN KEMENANGAN
SILAHKAN TELPON KI BARON DI NOMOR 0852 8742 5759

>>>ATAU KLIK DI SINI UNTUK BERKUNJUNG DI WEB BELIAU<<<

Tidak usah ragu dengan angka beliau sebab saya sendiri sudah
membuktikan dengan mata kepala saya sendiri kekuatan angka KI BARONG
dan Saya sangat bersyukur berkat kemenangan TOGEL SGP ini
hutang piutang saya uda pada lunas dan usaha jualan gado2 saya
kini bisa di lanjutkan lagi Semua ini berkat KI BARONG....

Hanya melalui Postingan ini saya bisa Membalas kebaikan KI BARONG
Atas bantua yang kami dapat,Jadi buat Saudara Pecinta TOGEL
Tidak usah takut akan dirugikan sebab KI BARONG Hanya menginginkan PERSAUDARAAN
bukan PERMUSUHAN,
SILAHKAN DI TELPON KI BARONG SEKARANG SEBAB KESEMPATAN TIDAK MUNGKIN
DATANG DUA KALI....

Prediksi Togel mengatakan...

Selamat Datang di Website OM AGUS
Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=OM AGUS, 2D,3D,4D
di jamin Tembus 100% silahkan:
Hub : (OM AGUS)
(085-399-278-797)
Adapun Besar Pergantian
Biayanya tergantung Paket Yang kami berikan

Unknown mengatakan...

selamat pagi semuanya'maaf mengangu bagi anda punya masalah apa aja baik hutang piutang atau lain2nya jangan sungkan tlp aki dewata 082384222539 minta solusinya'pasti anda dibantu yang penting keyakinan anda ada.terima kasih.

Prediction Angka Jitu!!! mengatakan...


SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259















SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Unknown mengatakan...

2015-10-5 leilei
Coach Diaper Bag Outlet
louis vuitton outlet stores
abercrombie store
hollister clothing
nike air max 90
Jordan 4 Shoes For Sale
Authentic Air Jordan 13 shoes for sale
coach factory outlet
ugg boots sale
Air Jordan 6 Champagne Bottle
Michael Kors Handbags Clearance Outlet
Cheap Ray Ban Wayfarer
Jordan 3 Retro 2015
timberland outlet
Coach Outlet Online Discount Sale
michael kors outlet
canada goose jackets
michael kors outlet
michael kors outlet online
Michael Kors Outlet Online Deals Huge

Unknown mengatakan...

KISAH NYATA..............
Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Unknown mengatakan...

Saya berterima kasih kepada KI KARSO atas bantuannya sehingga sy menang togel. karna
Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
benar-benar merasakan yang namanya kemenangan atau
tembus 4D,,dan alhamdulillah saya dpat 170 juta
berkat bantuan angka dari KI KARSO karena cuma Beliaulah yang memberikan angka
ritual yg di jamin 100% benar-benar tembus. awal saya
bergabung hanya memasang sedikit karna
saya ngak terlalu percaya ternyata benar-benar
tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
angkanya,,,,buat anda yg mau mendapatkan angka jitu/ghaib 100% tembus,silahkan
hubungi KI KARSO DI ( 082-327-917-077 )
jika ingin menang 5x putaran berturut-turut seperti saya hubugi KI KARSO. Terima kasih
meyayani

angka GHOIB; SINGAPURA
angka GHOIB; HONGKONG
angka GHOIB;MALAYSIA
angka GHOIB; TOTO MAGNUM 4D.6D.8D
angka GHOIB; LAOS
angka GHOIB; SIDNEY
angka GHOIB; CAMBODIA
angka GHOIB; CHINA
angka GHOIB; KOREA
angka GHOIB; TOTO KUDA
angka GHOIB; ARAB SAUDI
angka GHOIB; BRUNEI DARUSSALAM
angka GHOIB; TAIWAN
angka GHOIB; THAILAND

DUKUN TOGEL AKI SURYA mengatakan...

Kami sekeluarga ingin megucapkang banyak terimah kasih kepada AKI DEWA karna angka yang AKI,
berikan kepada saya,alhamdulillah saya udah menang 3 kali berturut turut dan itu semua berkat bantuan AKI DEWA yang telah memberikan angka jitunya kepada saya dan alhamdulillah ternyata berhasil..,saya sangat percaya sama angka ritual AKI DEWA karna anka dari AKI memang sangat tepat dan inI bukan hanya sekedar rekayasa tapi ini meman kenyataan dan saya sudah lihat buktinya sendiri dan kini saya sudah sangat bersyukur melihat kondisi kehidupan keluarga saya yang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,saya tidak akan melupakan kebaikan AKI DEWA dan saya berencana untuk berkunjun ke
kediaman AKI bulan ini untuk mengucapkan banyak terimah kasih yang sebesar besarnya karna cuma beliaulah satu satunya para normal yang bisa membantu saya..dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi AKI DEWA di NO=085=222 =500 =175 ATAU ANDA KLIK I
>>>>>>>>prediksibocorantog3l.blogspot.com<<<<<<<<<
ini bukan rekayasa dan yang saya tulis ini tidak ada unsur unsur kebohongandari saya.
KESEMPATAN BAIK TIDAK DATANG 2 KALI
YANG PUNYA TERIMA KASIH ATAS TUMPANGANNYA

Zahid Hamidi mengatakan...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






Komentar di: Mengurai Benang Merah Pahlawan Devisa(TKI)

Berkomentarlah dengan sopan dan pastikan komentar anda bukan spam. Komentar spam akan dihapus.

 

Page Rank Check

Technology Blogs

© Copyright 2012.Wawasanfadhitya: Mengurai Benang Merah Pahlawan Devisa(TKI) | Template by Fandi Adhitya
All Rights Reserved | Privacy Policy